Hydrokel & Asma (Dua Penyakit Sirna Bersama)
by: dr. Ali Pasya Saman
Jalan kaki sakit, duduk sakit, apalagi kalau naik sepeda. Sakit itu tepat di buah zakar. Tapi penderitaan itu harus dialami oleh dr. Ali Pasya Saman selama puluhan tahun. Ia menderita hydrokel, yaitu peradangan buah testis. penyakit itu diturunkan dari ayahnya."Jadi bisa dibayangkan betapa menyiksanya penyakit ini. Terlebih lagi, penderitaan ini sudah saya alami sejak kecil", katanya.

Untuk mengatasi penyakitnya, berbagai macam obat telah dicoba tapi tak ada yang bisa memuaskannya. Yang satu ini belum sembuh..eh..datang lagi penyakit lain: "Asma". Rasa sakit di dada terasa acapkali menarik nafas. Ia juga mengalami batuk-batuk dan hidung mampet karena pilek.

Puncaknya sekitar 2 tahun yang lalu, nafasnya benar-benar sakit, tidurpun jadi tak nyenyak. Sama seperti penyakit hydrokel, berbagai macam obatpun dicoba tapi juga tak pernah berhasil.

Hingga suatu ketika seorang teman menawarkan Tahitian Noni Juice (TNJ) untuk mengatasi asmanya. Ia sendiri sudah mendengar nama ini tapi ia mengaku tak langsung percaya. Tapi karena ia ingin sembuh, ia memberanikan diri untuk mulai mencoab dengan dengan dosis 2 (dua) sloki sekali minum, yang dilakukan setelah magrib. Pagi harinya, ia minum lagi 3 (tiga) sloki.

Dua minggu berselang, ia merasakan nafasnya yang lega tak ada rasa sakit sama sekali di paru-parunya. Ia terbebas dari asma. Yang lebih mengembirakan, penderitaan hydrokel yang dialami sejak kecil seketika itu juga ikut sirna. "Alhamdulillah. Saya memperoleh manfaat kesehatan dari TNJ yang saya minum", ujar dokter yang juga pernah menjadi anggota DPR di era Habibie ini.

Tidak ada komentar: